photo bannerline_zps7fd203ea.jpg

Senin, 30 Juni 2014

Dekorasi Kamar Mandi

Salah satu hal utama yang ingin diketahui orang lain mengenai rumah kita adalah kondisi kamar mandinya. Banyak orang mengatakan bahwa bagaimana kondisi kamar mandi sebuah keluarga, maka itulah cermin kondisi kehidupan mereka. Oleh karena itulah, perlu membuat dekorasi kamar mandi yang menarik dan sehat agar dapat menciptakan citra positif terhadap pola kehidupan keluarga ini.




Bukan Karena Citra Saja

Sebenarnya membuat dekorasi kamar mandi yang baik dan sehat itu bukan hanya untuk mendapatkan citra bahwa pemilik kamar mandi tersebut adalah orang yang pembersih atau keluarga yang menjadi kebersihan. Dekorasi itu sendiri lebih ditujukan kepada para anggota keluarga. Kamar mandi bisa dikatakan sebagai pusat kebersihan sebuah rumah. Begitu banyak kuman yang bertebaran di kamar mandi. Kuman-kuman inilah yang tidak boleh dibiarkan keluar dari kamar mandi.

Demi menjaga kesehatan itu, maka kamar mandi yang baik itu selain dekorasinya yang bagus, juga tingkat kebersihannya terjaga dengan baik. Dekorasi ini sendiri dimaksudkan sebagai alat kenyamanan bagi yang masuk ke dalam kamar mandi. Tentu menjadi tidak nyaman kalau kamar mandi terlihat kotor dan jorok dengan pakaian yang telah lama tidak dicuci dan lantai juga licin. Shower berbau dan penuh dengan lumut. Rasa jijik ini bisa membuat muntah.

Tapi kalau kamar mandi indah, bersih, kering, tidak terlihat lumut di dinding dan di bagian lain dari kamar mandi, tentu saja menggunakan kamar mandi menjadi menyenangkan. Tentu saja kamar mandi yang menyenangkan ini bukan tempat tidur atau membaca buku. Tidak boleh berlama-lama di kamar mandi. Kalau sudah selesai mengeluarkan hajat, maka langsung keluar dari kamar mandi.

Perlu diketahui bahwa kamar mandi adalah tempat jin. Banyak kejadian yang tidak disangka-sangka yang terjadi di kamar mandi dan bukan cerita yang jarang didengar bahwa banyak yang terjatuh di kamar mandi. Akibat dari terjatuh di kamar mandi itu terkadang sangat fatal Ada yang langsung meninggal dunia, ada juga yang terkena stroke. Itu artinya kamar mandi bukan tempat istirahat. Gunakan kamar mandi seperlunya dan jangan berlama-lama di kamar mandi.


Banyak jenis dekorasi yang pas dengan kamar mandi. Dekorasi itu sendiri disesuaikan dengan dekorasi keseluruhan rumah. Bahkan ada pepatah mengatakan bahwa rumah adalah surgaku. Di rumahlah  mendapatkan sumber kebahagiaan. Di setiap sudut bagian rumah adalah tempat anggota keluarga mendapatkan segala kebahagiaan hidup. Termasuk dalam hal ini adalah kamar mandi. Oleh karena itu, maka  harus membuat dekorasi untuk kamar mandi sedemikian rupa sehingga memberikan kenyamanan bagi semua orang pada saat mempergunakannya.

Dekorasi untuk kamar mandi memang sangat menentukan citra diri pemilik rumah dalam pandangan orang lain, misalnya sahabat atau tetangga. Semakin bagus  membuat dekorasi untuk kamar mandi, maka semakin positif kesan mereka dan hal tersebut berarti semakin baik pandangan mereka terhadap pemilik rumah. Tentu saja orang lain akan merasa hormat kepada orang yang menjaga kebersihan rumah termasuk kamar mandinya.

Tidak mudah membuat rumah dan kamar mandi itu bersih. Apalagi kalau tidak mempunyai asisten rumah tangga yang membantu membersihkannya. Kesibukan yang menyita waktu tentu saja akan membuat diri terkadang lupa membersihkan rumah. Namun, bagi seseorang yang memang sangat peduli dengan kesehatan, sesibuk apapun ia akan meluangkan waktu membersihkan kamar mandinya. Hal ini bisa dilakukan karena ia ke kamar mandi dalam frekwensi yang cukup tinggi.

Menyikat kamar mandi bisa dilakukan disela-sela waktu mandi atau mencuci. Tidak harus ada waktu khusus untuk melakukannya. Semua anggota keluarga juga bisa melakukannya. Tidak harus orang tertentu seperti ibu atau ayah saja yang membersihkan kamar mandi. Semua anggota keluarga harus merasa bertanggung jawab atas kebersihan kamar mandi agar kebersihannya selalu terjaga.


Lantai merupakan kesan pertama yang terlihat saat memasuki kamar mandi. Untuk hal ini, dapat dilakukan beberapa improvisasi agar nampak menarik dan indah, tentunya yang tidak kalah pentingnya adalah nyaman. Di samping hal-hal tersebut, yang terpenting dalam hal ini adalah kesehatan yang didapatkan dengan kondisi kamar mandi yang tertata. Untuk kondisi ini, maka dapat lakukan hal hal berikut.

Untuk lantai di sekitar area kloset. Untuk area ini dapat digunakan lantai keramik dengan permukaan halus. Hal ini terkait dengan upaya menciptakan kebersihan dan memudahkan pada saat melakukan proses pembersihan, terutama terhadap lumut dan sebangsanya. Kualitas keramik sangat berbanding lurus dengan harga. Untuk amannya pilihlah toko bangunan yang terpercaya.

Bila perlu carailah informasi sebanyak-banyaknya mulai dari teman, internet, bahkan pengalaman ketika menginap di hotel yang cukup bagus. Dari apa yang dilihat, biasanya akan terbetik jenis keramik yang tepat. Kalau asal bagus saja tetapi tidak menjamin keamanan pengguna kamar mandi, itu artinya kecantikan yang mematikan.

Dengan lantai keramik bagus, maka genangan air yang mungkin ada dapat segera mengering atau mengalir pada posisi yang diharapkan. Tentunya harus merencanakan sedemikian rupa sehingga genangan air yang ada segera mengalir  dan kondisi lantai selalu kering. Lantai yang kering juga mengurangi potensi banyaknya kuman yang mungkin akan menularkan penyakit yang menakutkan.

Area di sekitar kloset memang rawan terjadi genangan air sebab pada area ini tidak secara khusus diberikan saluran air pada lantainya. Untuk itulah, lantai area kloset selau diusahakan dalam kondisi kering. Dan, keramik merupakan bahan lantai yang mudah mengering. Untuk lantai sekitar area shower. Untuk daerah sekitar shower, maka sebaiknya dibuat dari bahan yang mempunyai tingkat kekasaran lebih besar dibandingkan di area kloset. Hal ini karena untuk mencegah jangan sampai licin oleh karena selalu terkait dengan air.

Dalam hal ini, mungkin dapat mempergunakan pecahan batu yang dikat dengan semen atau tetap keramik, tetapi dengan tekstur permukaan yang lebih kasar. Dengan mempergunakan lantai kasar ini, maka kesan yang kita dapatkan adalah kekuatan yang alami. Dengan pecahan batu, terkesan kekuatan yang tidak dibuat buat. Kalau kurang mampu memilih keramik yang tepat untuk sebuah kamar mandi, sebaiknya serahkan kepada ahlinya. Lebih baik keluar uang agak berlebih daripada rasa nyaman dan aman tidak didapatkan setelah kamar mandi selesai dikerjakan.


Sebenarnya, secara umum telah diakui bahwa tanaman sangat membantu dalam menciptakan dekorasi dari setiap tempat. Dengan dekorasi yang tepat, maka suatu tempat, baik tertutup ataupun terbuka akan mengalami perubahan positif. Orang akan lebih terkesan jika ruangan kita dihiasi dekorasi dari tanaman yang pas.

Oleh karena itulah, maka sebaiknya menambah kelengkapan kamar mandi dengan beberapa jenis tanaman. Tentunya dalam hal ini tanaman tersebut harus sesuai dengan fungsi dan kondisi ruangan kita, khususnya dalam hal ini adalah kamar mandi. Keberadaan tanaman ini adalah untuk menampilkan kesan alaminya. Namun, kalau kamar mandi itu sempit, keberadaan tanaman ini malah akan mengganggu.

Salah satu jenis tanaman yang cocok untuk dekorasi kamar mandi adalah jenis Sansiviera atau lidah mertua atau pedang-pedangan. Tanaman jenis ini sangat istimewa sebab di samping penampilannya yang cantik dan menarik, tanaman jenis ini mempunyai kemampuan untuk menghisap polutan yang ada di udara.

Tanaman Sansiviera ini sangat cocok diletakkan di kamar mandi sebab dengan kemampuan menghisap polutan, maka mereka yang menggunakan kamar mandi dan kebetulan suka merokok, maka asapnya dapat terhisap oleh tanaman Sansiviera ini. Oleh karena itu, untuk kamar mandi yang penggunanya banyak perokok, hukumnya wajib ada di kamar mandi ini. Atau, justru jauh lebih baik jika kita tidak merokok saat berada di kamar mandi. Tidak merokok jauh lebih sehat draipada merokok sebab kita terhindar dari efek buruk zat-zat yang ada di dalam rokok.

Dengan memperhatikan kondisi yang ada, maka upaya membuat dekorasi kamar mandi yang nyaman merupakan salah satu hal penting agar citra hidup sehat kita dapat direspon positif oleh semua orang. Hal ini, sekali lagi harus disadari sebab kebanyakan orang langsung menilai pola hidup orang lain berdasarkan bagaimana kondisi kamar mandinya. Bagaimana dengan kondisi kamar mandi Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar