photo bannerline_zps7fd203ea.jpg

Senin, 30 Juni 2014

Dekorasi Kamar Kost

Apa yang Anda ketahui tentang dekorasi kamar kost? Kehidupan mahasiswa atau pelajar, terutama mahasiswa/pelajar pendatang dari luar daerah tempat mereka menuntut ilmu, tak pernah terlepas dari kamar kost. Tapi tidak hanya mahasiswa yang memilih untuk tinggal di kamar kost, banyak karyawan dan buruh yang menempati kamar-kamar kost.






Biasanya kamar kost berukuran kecil. Ada yang memiliki kamar mandi di dalam, namun mayoritas kamar mandi berada di luar untuk digunakan bersama. Bicara tentang minimalis, penampakan kamar kos rata-rata irit tempat dan irit perabotan. Calon penghuni harus melengkapi kamar kostnya dengan perabotan sendiri.

Memang ada juga kamar kost siap pakai yang telah lengkap perabotan dan kebutuhan lainnya. Tentu saja harga sewa bulanannya lebih mahal. Sebenarnya mengubah kamar kost mungil minim perabotan menjadi kamar  yang nyaman dan menarik sangat mudah. Hanya membutuhkan kreatifitas dalam dekorasi kamar kost.

Dalam dekorasi kamar kost, kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:
  • Pilihlah perabotan yang memiliki fungsi ganda misalnya sofa yang dapat difungsikan sebagai tempat tidur.
  • Pencahayaan ruangan harus baik agar terhindar dari kondisi kamar yang pengap dan sempit, terutama jika kamar kost tidak memiliki jendela.
  • Warna-warna dapat terang memberikan efek luas. Catlah dinding atau plafon dengan cat warna terang. Untuk lantai dapat menggunakan karpet berwarna terang juga.
  • Letak perabotan dan penataan kamar merupakan poin penting. Umumnya, dalam kamar kost terdapat empat pembagian ruangan yaitu bagian tempat tidur, bagian tempat belajar atau bekerja, bagian dapur dan bagian kosong.


Khusus untuk kamar kost berukuran minimalis, ada beberapa tips yang dapat membantu:
  • Batasi jumlah perabotan di dalam kamar. Jika ingin menambah perabotan misalnya kursi. Pilihlah kursi berukuran kecil ketimbang memilih sofa duduk yang besar. Perabotan yang berukuran besar malah akan membuat kamar terlihat semakin kecil.
  • Pilihlah perabotan dengan warna solid atau bercorak halus atau berukuran kecil, hindari perabotan bercorak yang terlampau ramai dan berani.
  • Tempatkan perabotan bercorak pada lokasi yang terpisah. Karena jika menempatkan perabotan berpola pada satu tempat, kamar akan terkesan ramai dan sempit.
  • Cermin dapat memberikan efek meluaskan ruangan yang kecil. Gantunglah cermin  di tembok   dalam ukuran apapun.
  • Gunakan warna solid untuk cat dinding. Supaya terlihat lebih menarik, kombinasikan dua warna solid yang senada. Agar ruangan terkesan luas, dapat digunakan warna ungu, biru dan violet. Namun kalau ingin menggunakan warna netral, baiknya memilih warna putih kombinasi biru atau warna krem kombinasi warna hijau. Kalaupun ingin menggunakan kertas dinding berpola, pilihlah kertas dinding yang berpola halus dan kecil.
  • Gantunglah lukisan atau gambar yang menarik dilihat, untuk memberi kesan ruangan berjendela, jika di dalam kamar tidak terdapat jendela. 
  • Simpan perabotan yang berukuran kecil di dalam lemari atau laci, perabotan kecil yang berceceran mengesankan ruangan terlihat sempit.
  • Gunakan perabotan yang tinggi agar langit-langit kamar terkesan tinggi.




Jangan malas mendekorasi kamar. Kamar yang nyaman, rapi dan menyenangkan dapat mendongkrak perasaan menjadi lebih baik. Perasaan yang senang dapat membuat kita semangat dalam menjalani aktifitas. Berikut ini beberapa tips praktis dan ekonomis yang dapat kita terapkan untuk mendekorasi kamar atau ruangan:



Ternyata kartu pos bergambar dapat kita gunakan untuk mendekorasi dinding. Baiknya kartu-kartu pos tersebut dibingkai dulu sebelum dipajang di dinding. Disarankan untuk tidak menggunakan isolasi ataupun lem, karena dapat mengotori dinding. Alternatif lain, kita dapat menggunakan Tack-it atau Blu-Tack yaitu semacam karet sintetis yang dapat digunakan untuk menempelkan benda-benda ringan seperti kertas, poster dan lainnya di dinding.

Taruhlah papan tulis whiteboard atau papan buletin di dinding. Selain berfungsi untuk menempelkan catatan dan jadwal, kita dapat menempelkan foto dan macam-macam gambar supaya terlihat menarik. Papan buletin dan papan tulis bermanfaat sekali untuk membuat aktifitas kita menjadi lebih terorganisasi.

Buatlah tirai penutup jendela sendiri. Tirai jendela yang menjuntai ke lantai dapat memberikan kesan kamar menjadi luas. Kalau menjahit tirai sendiri dirasa merepotkan, kita bisa memesannya di penjual bahan-bahan yang memberikan layanan jahit juga. Sebenarnya menjahit tirai tidak terlalu sulit, kita dapat menggunakan alat jahit mungil berbentuk staples.

Catlah kamar dengan menggunakan teknik washed yaitu mengecat dengan menggunakan spons untuk menciptakan efek awan di dinding. Kalau punya keahlian menggambar, bisa dituangkan ke atas dinding. Anggaplah dinding sebagai kanvas untuk menggambar. Supaya aman, kita dapat menggunakan krayon yang mudah dihapus menggunakan spons dan air hangat atau washable crayons.



Pernahkah terpikir untuk menggantung whiteboard di pintu? Untuk menghemat pengeluaran, belilah papan whiteboard tipis dan ringan yang permukaannya dilapisi resin melamine.



Gunakan perabotan berbasis organizer. Saat ini telah banyak toko yang menjual bermacam-macam organizer, misalnya organizer untuk pakaian, sepatu, buku dan majalah, tas dan lain-lain. Selain itu, ada juga rak organizer yang bagus untuk dijadikan investasi. Rak organizer tersebut digantung di dinding untuk meletakkan barang-barang yang tidak terlalu berat. 

Belilah kaitan baju untuk mengaitkan jaket, topi, ikat pinggang dan lain-lain. Jika tidak mau ruang pribadi seperti tempat tidur atau tempat pakaian kotor terekspos kepada tamu yang datang ke kamar kost, kita bisa menutupi ruang pribadi itu menggunakan kain pembatas.

Punya koleksi buku seabrek, sedangkan kamar kost sudah tidak muat jika harus ditambah satu rak buku lagi? Atau mungkin karena dana untuk membeli rak buku tidak ada. Jangan biarkan buku-buku itu berserakan di lantai kamar atau menumpuk di pojokan, ada trik super ekonomis untuk masalah ini. tumpuklah buku-buku secara vertikal ke atas. Urutkan dari buku yang paling besar ke buku dengan ukuran yang paling kecil. Mirip dengan model rak buku Sapien hasil temuan seorang designer Italia bernama Bruno Rainaldi.

Siapkan kardus-kardus untuk menaruh barang-barang dan difungsikan sebagai kotak serba guna. Agar terlihat lebih rapi dan menarik, percantik tampilan kardus menggunakan kertas kado, kain bercorak atau plastik bercorak yang biasa digunakan untuk taplak meja. Disarankan untuk menggunakan plastik bercorak untuk menjaga kardus agar lebih tahan lama dan terhindar dari kebasahan karena air.

Dukung kampanye Hijaukan Bumiku dengan menempatkan satu atau dua pot tanaman mungil di dalam kamar. Selain untuk menyumbangkan oksigen, pot tanaman mungil dapat mempercantik kamar.

Agar udara dalam kamar tidak berbau tak enak, gunakan lilin atau minyak aroma terapi. Selain sebagai pengharum ruangan, minyak aromaterapi sangat bagus untuk relaksasi. Namun harap diingat, saat menggunakan minyak atau lilin aromaterapi, pastikan ruangan memiliki ventilasi udara yang baik. bisa dengan membuka pintu atau jendela agar sirkulasi udara tetap terjaga dan kita dapat mengambil nilai manfaat dari aromaterapi tanpa merugikan diri kita sendiri.

Kamar kost yang serba minimalis dapat terlihat menarik dan menyenangkan apabila kita tepat dalam melakukan dekorasi kamar kost dengan baik. lakukan inovasi baru jika terbentur biaya untuk membeli perabotan. Kita dapat mendaur ulang perabotan atau barang-barang lama dan mengubahnya
menjadi perabotan baru yang multifungsi. Teruslah berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar