photo bannerline_zps7fd203ea.jpg

Selasa, 22 Juli 2014

Tips Memilih Desain Kamar Tidur

Design interior kamar tidur merupakan salah satu komponen penting yang menunjang kenyamanan di rumah Anda. Mengingat fungsi kamar yang cukup penting, design interior kamar tidur pun menjadi sebuah prioritas yang harus dipenuhi.

Pada umumnya, rumah dilengkapi dengan berbagai sarana ruang. Ruang-ruang tersebut idealnya memiliki design interior yang berbeda. Design interior tersebut tentu saja bertujuan untuk membuat nyaman siapapun yang mendiami rumah tersebut. Design interior kamar tidur adalah salah satunya.

Selain dapur, kamar mandi, dan ruang keluarga, kamar tidur harus diakui menjadi adalah salah satu ruangan penting yang harus ada di dalam sebuah rumah. Di ruangan inilah, pemilik rumah beristirahat. Design interior
kamar tidur yang tidak sejalan dengan tujuannya sebagai tempat istirahat berpotensi menyebabkan pemilik rumah tidak nyaman ketika beristirahat di dalam kamarnya sendiri.

Kenyamanan kamar tidur sangatlah penting. Memerhatikan design interior kamar tidur menjadi salah satu faktor pendukung kenyamanan tersebut. Merasakan kenyamanan yang diciptakan dari design kamar tidur yang pas akan membuat Anda betah berlama-lama mengurung diri di kamar tidur.

Oleh karena itu, pemilihan dan penataan design interior kamar tidur sangat penting. Kecuali, jika Anda tipe orang yang tidak terlalu peduli dengan suasana sekitar dan dapat tidur dengan suasana seperti apapun.
Akan tetapi, bukankah lebih nyaman dan enak dipandang jika kamar tidur Anda diatur sedemikian rupa dengan desain menarik dan baik meskipun hanya sederhana?

Sifat alami manusia adalah menyukai keindahan. Keindahan dan kenyamanan yang dihasilkan dari design kamar tidur yang pas pasti tidak akan bisa Anda tolak. Permasalahannya adalah biaya yang dibutuhkan untuk itu semua memang tidak murah. Design interior kamar tidur memang cenderung memakan
biaya yang cukup besar.

Namun, alasan harga itu sepertinya tidak terlalu kuat. Design interior kamar tidur juga bisa berbentuk sederhana, tidak perlu mewah, yang terpenting adalah kenyamanan. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa
tips yang dapat Anda jadikan poin-poin penting dalam merencanakan design interior kamar tidur yang nyaman.


Pemilihan Warna

Design interior kamar tidur yang paling sederhana dan dasar adalah pemilihan warna pada tembok. Kamar tidur adalah kamar yang sejatinya digunakan untuk beristirahat (tidur). Maka dari itu, pemilihan warna
yang sesuai tentu bisa menambah kenyamanan Anda untuk beristirahat. Tidak semua warna cocok untuk diterapkan pada dinding atau tema kamar tidur.

Prinsip dari design interior kamar tidur yang satu ini adalah warna yang lembut akan membuat kamar lebih nyaman. Oleh sebab itu, pilihlah warna yang terkesan "lembut" atau "menenangkan". Biasanya, warna-warna seperti krem, peach, pink lembut, biru muda, atau ungu pucat adalah warna-warna "tenang". Warna-warna semacam itu umumnya cocok untuk diterapkan ke kamar tidur, kecuali jika Anda memiliki tema khusus untuk kamar tidur.


Letakkan Perabotan Sesimpel Mungkin

Apa jadinya kalau berbagai barang atau perabotan diletakkan di kamar tidur? Mulai barang yang wajar ada sampai barang yang tidak lazim berjubel di dalam kamar tidur. Belum lagi, jika Anda kurang cermat
mengatur barang-barang itu. Bisa-bisa, kamar tidur Anda lebih mirip gudang daripada kamar tidur. Tips design interior kamar tidur yang berkenaan dengan hal ini adalah letakkan barang seperlunya di kamar tidur.

Sebaiknya, selain tempat tidur dan lemari pakaian, cukup letakkan barang-barang yang memang Anda butuhkan di kamar tidur, seperti meja rias, sebuah meja serbaguna, dan cermin. Hiasan atau pajangan pun
hendaknya jangan terlalu banyak. Ingat, kamar tidur Anda adalah tempat istirahat, bukan galeri seni atau toko serba ada. Ahli di bidang design interior kamar tidur juga pasti tidak akan membenarkan hal ini.

Design interior kamar tidur/ yang terlalu ramai dengan barang memang bisa saja membuat kamar tidur Anda berkesan mewah. Ya, itu kalau barang-barang yang Anda letakkan diatur dengan baik, dalam jumlah wajar,
dan sesuai tema kamar. Akan tetapi, jika terlalu banyak barang, terlalu banyak pajangan, dan ada barang yang tidak sesuai tema ruangan, akan ada tiga implikasi:
  •  Kamar Anda akan berkesan sempit,
  •  Kesan sempit dapat mengurangi kenyamanan Anda tidur dan bergerak, dan
  •  Kerepotan ketika harus membersihkan total kamar karena terlalu banyak barang yang harus digeser dan ditempatkan kembali.


Perhatikan Akses

Hal ini mungkin terkesan sepele dan tidak begitu penting. Namun, tahukah Anda jika memerhatikan akses-akses kamar Andan juga menjadi bagian dari bagaimana design interior kamar tidur yang tepat. Misalnya, akses ke kamar mandi atau akses keluar masuk kamar itu sendiri. Bebaskan ruang gerak pintu dari benda apapun agar tidak menghalangi gerakannya ketika dibuka atau ditutup. Perhatikan pula peletakan pintu menuju kamar mandi -apabila ada kamar mandi di dalam kamar tidur.


Biarkan Sinar Matahari Masuk

Poin dalam design interior kamar tidur ini sangat penting dan berhubungan erat dengan jendela. Jangan terlalu pelit membuat jendela untuk kamar. Urusan privasi serahkan pada gorden atau blind curtain. Sinar matahari yang masuk ke kamar penting untuk menjaga kelembapan dan kehangatan suhu kamar.

Kamar yang kekurangan sinar matahari akan terasa lembap dan kurang baik untuk kesehatan. Jamur dan berbagai mikroba tumbuh subur di tempat yang lembap dan gelap. Lagipula, sinar matahari adalah cahaya alami yang didapat dengan murah dan mudah. Jadi, Anda tidak perlu menyalakan lampu. Hemat energi, hemat listrik, hemat pengeluaran bulanan. Bukan begitu? Ahli interior manapun pasti akan menganjurkan design interior kamar tidur yang seperti ini.


Lampu Baca di Atas Ranjang

Bagi Anda yang senang membaca sebelum tidur, tidak ada salahnya menempatkan sebuah lampu baca di atas ranjang. Pilihlah bohlam atau lampu yang bercahaya calm atau warm dan ber-watt kecil. Alternatifnya,
Anda bisa menggunakan lampu meja dan meletakkannya tepat di sisi tempat tidur tempat Anda berbaring sambil membaca. Design interior kamar tidur yang satu ini berkenaan dengan penyinaran yang ada pada kamar tidur Anda.

Pada prinsipnya, pemilihan design interior kamar tidur sebaiknya berdasar pada dua hal.
  • Pahami bahwa kamar tidur Anda berfungsi sebagai tempat istirahat, kecuali bangunan tempat tinggal Anda memang kekurangan kamar sehingga kamar tidur bersifat rangkap (merangkap fungsi kamar lain).

  • Pemilihan desain interior kamar tidur harus konsisten. Dengan kata lain, warna ruangan harus sepadan dengan warna lantai, sepadan dengan barang-barang yang diletakkan, dan sepadan dengan hiasan-hiasan yang dipajang. Tidak selamanya prinsip "mix and match" atau "tabrak-tabrakan" desain berlaku pada kamar tidur.

Design interior kamar tidur tidak harus dipikirkan oleh mereka yang ahli. Anda pun sebenarnya bisa. Menata kamar tidur yang memang merupakan ruangan paling pribadi ini pasti akan menyenangkan jika disesuaikan  dengan keinginan Anda. Tentu saja dengan tetap memerhatikan "aturan-aturan" yang tertulis tentang bagaimana menata kamar tidur yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar